Tuesday, May 29, 2012

Cara Membuat Database dan Tabel pada Visual Basic 6

Untuk membuat database pada Visual Basic 6, kita bisa memanfaatkan menu yang sudah ada pada program tersebut. Pada jendela Visual Basic 6, kita pilih menu Add-Ins, kemudian pilih menu Visual Data Manager.


Kemudian muncul window VisData.
Pada window VisData, kemudian pilih menu File, klik New, kemudian klik Microsoft Access dan pilih Version 7.0 MDB.

Kemudian akan muncul jendela untuk menyimpan database yang akan kita buat. Tentukan direktori tempat database akan disimpan dan pada bagian File name, beri nama database yang akan kita buat, kemudian klik tombol Save.

Kembali ke jendela VisData. Pada bagian atas terdapat keterangan yang berisi direktori dan nama database yang sudah kita buat. Kemudian klik menu Properties yang ada pada jendela Database Window (jendela sebelah kiri). Kemudian pilih menu New Table.

Kemudian akan muncul jendela Table Structure, disinilah tempat kita membuat table.Isikan nama table yang akan kita buat pada kolom Table Name. Kemudian klik tombol Add Field untuk membuat field (kolom dalam table).

Muncul jendela Add Field. Pada kotak isian Name, isikan nama field yang akan kita buat. Field ini yang akan menjadi kolom dalam tabel nantinya. Pada bagian Type, kita bisa memilih jenis/tipe kolom tersebut. Dan pada bagian Size, kita bisa menentukan ukuran karakter kolom yang akan kita buat. Untuk pengaturan yang lain, biarkan standar saja. Klik tombol OK untuk melanjutkan.

Setelah membuat field selesai, klik tombol Close sehingga kita akan kembali ke jendela Table Structure. Pada bagian kolom Field List akan muncul field yang baru saja kita buat. Kemudian klik tombol Build the Table. Dan kita akan kembali ke jendela VisData. Sekarang sudah ada nama tabel yang baru saja kita buat.

Sekarang kita sudah bisa membuat database dan tabel, yang kita buat melalui menu Visual Basic 6. Untuk selanjutnya, kita akan mencoba membuat index dan mengisi tabel yang sudah kita buat tersebut.
Selamat mencoba..!!!

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts